Koes Hendratmo pake Jas Songke....

gambar agak blur, maklum foto dari tivi
Kejadiannya kemaren sore, tatkala menikmati kolak yang hasil kerajinan tangan saya dan Evi, sang istri tercinta. Sedang asyik mengunyah,  tiba-tiba ada sesuatu di TV yang menarik perhatian saya.
Koes Hendratmo sedang nyanyi lagu perjuangan.  

Selendang suteraaaaa...tanda mata darimu....telah ku t'rima... sebulan yang laluuuuuuu..... (iringan musik jazz dengan sedikit warna keroncong)



Tapi bukan lagunya yang buat saya terpukau, tapi sesuatu yang tengah ia kenakan. sesuatu itu begitu familiar dalam kehidupan saya sebagai orang Manggarai.

Motif warna-warni itu......

"oleeee, pake jas songke kraeng ho'o bone ye!!"

 Evi yang duduk di samping saya sambil multi tasking (Mengunyah kolak, cek fesbuk di hape, dan baca trit-trit di lounge kaskus) jadi kaget karena saya berteriak cukup keras.

"Apa..? Kenapa..?Kau omong apa tadi?" Maklum, dia belum mengerti bahasa Manggarai, hehehehehe


clear enough, eh?
"itu..itu si Koes Hendratmo pake kain songke.." teriak saya kegirangan sambil menunjuk ke arah tv, persis seperti girangnya seorang anak yang dapat satu stel baju gereja untuk misa natal.

"Itu motif songke ya?" katanya. Kemudian dengan sigap laksana seorang kopral ia mengambil kamera pocket dan jepret..jeprett.. jeprettt.

Evi foto TV, hahahahahaha. Lebih tepatnya orang yang berada dalam TV, yang sedang menyanyikan lagu keroncong perjuangan dengan balutan busana motif songke yang eksotik lagi menawan.


Mungkin ini kurang berarti bagi Anda sekalian. Tapi untuk saya, seorang Manggaraian, melihat artis (apalagi yang sudah jadi legenda) mengenakan pakaian bermotif songke Manggarai merupakan sesuatu yang luar biasa.  Ada bangga yang amat sangat meliputi hati.

Ah... hasil tenun ise inang sina beo, tampil begitu anggun dalam bentuk jas. Nice... terlebih yang pake artis legenda macam Koes Hendratmo.
this picture is taken from missmaharrani.posterous.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Godfathers