Pajak penghukum bagi perokok

"Ada banyak senjata persuasi, pembatasan, denda keuangan dengan harga dan kenaikan pajak yang kita bisa sungguh-sungguh harapkan untuk mengurangi konsumsi rokok secara besar dalam 5 tahun"


Kutipan itu berasal dari 3rd World Conference on Smoking and Health yang diselenggarakan di New York pada tahun 1975, dimana pendukung anti rokok berkumpul untuk merencanakan perang salib mereka untuk menghilangkan rokok: "target kami, dalam jangka panjang, penghapusan merokok. "laporan yang berasal dari konferensi hanya dapat digambarkan sebagai manifesto anti-rokok yang disebut-sebut sebagai Blueprint Godber.

"Senjata persuasi" yang disebut dalam pernyataan di atas  termasuk, tentu saja, larangan merokok dan tekanan para fanatik anti rokok di seluruh dunia terkait pelaksanaa tingkat riba pajak tembakau. Namun, selama beberapa tahun terakhir, telah ada bukti yang berkembang bahwa larangan merokok dan pemerasan pemerintah dalam bentuk pajak hukum tembakau tidak memiliki efek yang diinginkan. Bahkan, banyak inisiatif anti merokok tampaknya menjadi kontraproduktif.

Sebagai contoh, pajak tembakau yang lebih tinggi dianggap oleh barisan anti-rokok sebagai cara paling efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau, terutama bagi kaum muda dan orang lain dengan pendapatan rendah. Menurut Lukas Clancy, Director General of the Irish Research Institute for a Tobacco Free Society, sebuah lembaga baru yang dibentuk oleh pemerintah untuk melihat semua aspek dari penelitian tentang pengendalian tembakau, itu adalah "intervensi paling penting yang ada dalam pengendalian tembakau".

Profesor Clancy juga menjabat 10 tahun  sebagai ketua Action on Smoking and Health (ASH) Irlandia, yang merupakan salah satu kelompok anti rokok lebih fanatik. November 2009 bias anti rokok Clancy tampak jelas dalam sebuah artikel di Inside Irlandia, ketika ia menangkat masalah kegagalan pemerintah Irlandia untuk meningkatkan pajak tembakau di negara itu.

Menteri Keuangan Irlandia, Brian Lenihan, mengindikasikan ia tidak akan meningkatkan harga tembakau karena dapat menyebabkan pertumbuhan lebih lanjut dalam penyelundupan tembakau.

Clancy muncul untuk mengenali ruang lingkup masalah: "Penyelundupan tembakau ke negara ini sekarang telah mencapai proporsi epidemi dan harus ditangani kepala oleh pemerintah. Lebih dari 20% dari rokok yang dihisap di negara ini adalah tidak memiliki pajak di Irlandia - sehingga kerugian pendapatan untuk kas negara lebih dari € 400 (juta) euro per tahun ".

Namun ia tidak siap untuk mengakui bahwa pajak tembakau yang keterlaluan adalah penyebab masalah. Dan, bahkan jika itu adalah masalah, solusi yang ia berikan adalah hanya menindak penyelundupan.

Pada bulan Oktober, dihadapkan dengan bukti bahwa prevalensi merokok di Irlandia adalah 33% pada 11 tahun, meskipun pajak tembakau yang tinggi dan larangan merokok di pub dan restoran, Clancy mengatakan kepada Independen: "Tidak ada bukti dari setiap penurunan merokok di survey ini, menunjukkan kebutuhan yang jelas untuk harga yang lebih tinggi rokok dan pengobatan yang lebih baik dari ketergantungan tembakau.”

Posisi meniru Clancy yang lain dalam kultus anti rokok; bahwa perokok harus dipaksa untuk berhenti, meskipun ada biaya lainnya kepada masyarakat.

Dan, memang terdapat biaya lainnya. Ada bukti substansial yang menunjukkan bahwa penyelundupan dan perdagangan tembakau ilegal memotong pendapatan pemerintah. Ada biaya tambahan untuk anggaran penegakan hukum. Pada saat yang sama, ada kerusakan besar pada mata pencaharian pemilik toko dan pengecer tembakau.


Dan, masalah ini tidak terbatas pada Irlandia. Masalah yang sama juga muncul ke permukaan di Inggris, Jerman dan, tampaknya, seluruh negara maju. Di Norwegia, diperkirakan bahwa 40% dari rokok yang dihisap merupakan hasil selundupan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koes Hendratmo pake Jas Songke....

The Godfathers