Ketika Alam Bergejolak...

Disclaimer: Gambar-gambar berikut saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet.

Melalui alam, Mori Bate jari Dedek (baca: Tuhan Sang khalik langit) menganugerahkan sumber penghidupan kepada manusia. Kita diberi kekuasaan untuk memanfaatkan alam demi kesejahteraan. Namun bagaimana jika alam menunjukkan kekuatannya yang merusak? Setidaknya itulah yang dihadapi bangsa kita saat sekarang. 



Antara rentang bulan September hingga November,  tiga kali Indonesia tercinta dilanda bencana besar yang merenggut korban jiwa maupun harta benda. Bencana banjir bandang di Wasior, Papua, menghancurkan hampir seluruh kawasan itu dan merenggut korban jiwa lebih dari 150 orang. Di Mentawai, gempa bumi dan tsunami meluluh lantakan beberapa desa dan dan mengakibatkan lebih dari 400 orang meregang nyawa dan 80 orang lainnya belum diketahui nasibnya hingga sekarang. 

Kini, Gunung Merapi juga tengah pamer kekuatannya yang maha dasyat. Puluhan ribu warga yang menempati lerengnya terpaksa harus menjauh mencari tempat yang aman. Sementara itu, belasan gunung api yang tersebar di seluruh Nusantara mulai menunjukkan geliatnya. Tidak ada yang tahu, kapan gunung-gunung tersebut akan mengikuti jejak saudaranya yang  tengah mengamuk saat ini. Apakah ini sebuah pertanda? Entahlah... Hanya Tuhan dan, mungkin, nurani kita yang tahu. 

Gambar-gambar di bawah ini adalah gambar aktivitas Gunung Merapi saat ini yang  saya kumpulkan dari beberapa situs di jagad maya. Mari sama-sama lihat dan pahami, betapa tak berdayanya diri kita menghadapi gejolak alam yang menakutkan itu. 

     











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koes Hendratmo pake Jas Songke....

The Godfathers