Liebster Award..

Kemarin dapat notifikasi dari Celsa Dona (Ena) di akun Facebook saya. Isi postingannya adalah mengajak saya menjadi bagian dari permainan estafet Liebster Award. Lha apa ini? Tidak pakai lama, saya langsung googling tentang hal itu. Olala... menarik juga. Intinya, Liebster Awards ini ada biar kita tahu paling tidak 11 hal tentang diri kita.



Satu fakta menarik ketika masuk dalam permainan ini. Ternyata saya tidak cukup mengenal diri saya. Buktinya, saya butuh waktu yang lumayan lama untuk mencari 11 hal (saja) tentang diri saya. Padalah ada pepatah mengatakan, knowledge of the self is the mother of all knowledge, pengetahuan akan diri sendiri adalah ibu dari segala pengetahuan.

Ini sebelas hal tentang diri saya:


1. Saya seorang introvert. Tapi jangan bayangkan saya sebagai seorang pemalu yang suka duduk di sudut. Seseorang yang pertama kali bertemu dengan saya pasti akan merasa saya adalah orang yang arogan, karena saya cenderung lebih banyak diam. Namun percayalah, jika sudah cocok, kalian tidak akan menyangka betapa gilanya saya, hahaha.


2. Dulu waktu kecil saya suka menggambar. Namun setelah beranjak remaja, hobi itu tidak saya teruskan lagi. Namun sejak empat tahun belakangan, ketika saya mengenal sebuah aplikasi hebat bernama Adobe Illustrator (Diberkatilah kiranya pencipta program ini), gairah saya untuk menggambar muncul lagi. Beberapa hasil gambar itu bisa kalian lihat di akun facebook saya. Bahkan gambar-gambar saya itu ada yang saya cetak di kaos, saya jual, dan hebatnya, ada yang beli! Wah!


3. Saya suka dengar musik. Bagi saya, satu hari tak lengkap hidup tanpa alunan musik. Jika ditanya apa genre yang saya suka? Well, semuanya saya suka; mulai dari country hingga rock, dari lagu tradisional sampai new age. Pokoknya jenis apa saja, asal cocok di telinga saya, tak peduli jenis musik apa, akan saya dengarkan dengan penuh suka cita.


4. I am a family man. Alih-alih berkumpul dengan teman-teman aatau menghadiri suatu keramaian, saya lebih suka menghabiskan waktu dengan keluarga. Terlebih saat sekarang, ketika anggota keluarga kami sudah bertambah satu. Hari Sabtu-Minggu adalah waktu paling spesial dalam hidup dimana saya dapat menghabiskan waktu dengan orang-orang yang saya cintai. Makanya, jika kantor menugaskan saya untuk liputan keluar kota, saya biasanya ogah-ogahan. haahahahaha. 


5. Sejak lulus kuliah tujuh tahun lalu, saya menceburkan diri ke dunia jurnalisme hingga sekarang. Padahal background pendidikan saya adalah Hubungan Internasional. Namun entah mengapa saya betah di pekerjaan ini. Padahal kalau mau jujur, saya juga ga senang-senang amat jadi wartawan. Ini soal tuntutan perut saja. Passion saya sebenarnya di dunia kreatif. Bikin kaos ManggaraiansWear, misalnya, :). Namun satu hal positif dari menekuni dunia kewartawanan ini adalah kemampuan menulis saya bisa terasah. Padahal dulunya saya tidak suka menulis, hahahaha. 


6. Saya suka baca buku. Khususnya novel. Sedapat mungkin setiap bulannya saya beli satu sampai dua novel. Namun beberapa bulan belakangan, kebiasaaan membeli novel itu lenyap begitu saja. Itu karena perhatian saya sekarang lebih tertuju pada Joseph Terrence, anak laki-laki kami yang semakin bertambah umurnya semakin menggemaskan tingkahnya. Plus, uang novel itu bisa tambah-tambah beli susu, hahahaha. Padahal salah satu impian saya adalah memiliki satu rak besar penuh novel. Well, nampaknya impian itu harus ditunda dulu, setidaknya sampai anak kami itu beranjak besar. 


7. Nonton film adalah bagian yang tak terpisahkan dari diri saya. Jika ada film baru, saya wajib nonton. Awal bulan biasanya saya pergi ke ITC terdekat untuk memborong setumpuk DVD bajakan. Jika ada film yang benar-benar bagus, yang telah saya nantikan sekian lama, maka ke bioskop adalah pilihan saya.  hahahaha.  Terakhir saya nonton film adalah kemarin sore.  Judulnya Non-Stop, dengan pemeran utama Liam Neeson. Di film itu Liam memerankan seorang polisi udara yang mati-matian menemukan sosok pembajak di dalam pesawat yang tengah ditumpanginya. 


8. Kata Theresia Evi, istri saya, saya seorang pemalas. Sayangnya dia benar. 


9. Masih soal kebiasaan suka membaca saya. Waktu SD dulu, buku favorit saya adalah Kitab Suci. Meski waktu kecil saya adalah tipe anak yang paling malas kalau disuruh berdoa dan diajak ke gereja, namun saya sangat suka baca Kitab Suci. Percayalah, saya sudah baca dari Kejadian hingga Wahyu. Banyak kisah-kisah bagus dan heroik dalam Kitab Suci, dan saya suka itu. 


10. Saya selalu kangen dengan Ruteng, tempat asal saya. Namun sering saya menyia-nyiakan kesempatan yaang bisa saya pakai untuk menengok kota itu walau sebentar. Salah sendiri ya?


11. Saya seorang perokok. Oh iya, soal hal ini, mungkin istilah kecanduan rokok tidak berlaku buat saya. Saya bisa menghabiskan berbatang-batang rokok dalam waktu tertentu. Namun, saya juga bisa menjalani hari tanpa menyentuh rokok. 


Begitulah saya. Dan saya sendiri kaget setelah membaca kembali sebelas hal mengenai diri saya sendiri. Oh, ternyata saya seperti itu? hahahaha. 


Liebster Award ini mengharuskan saya untuk menjawab pertanyaan dari yang memberikan 'tongkat' estafet'. Karena saya dapat dari Ena, maka saya akan jawab pertanyaannya.


1. Siapakah penulis favorit anda? Sertakan alasannya!
Paulo Coelho. Pria ini bukan hanya bercerita dalam novel-novelnya, tapi juga mengajarkan hidup. Anyway, saya punya sebagian besar novel yang ditulisnya, baik kopi keras, maupun ebook. 

2. Jika bisa memilih, anda memilih dilahirkan di negara mana? Mengapa?

Indonesia. Saya merasa ini tempat terbaik buat saya, dan saya bahagia menjadi bagian dari negara dengan kekayaan alam dan budaya yang besar ini. ( nasionalis mode: on)

3. Lagu apa yang akan/telah anda nyanyikan pada pernikahan anda?

Saya tidak bernyanyi pada pernikahan saya. Itu karena pernikahan kami menggunakan prosesi Jawa dan saya sudah terbebani dengan make up tebal dan baju berlapis, sehingga tidak ada lagi nafsu untuk bernyanyi. Padahal, kalau bisa putar ulang waktu saya mau menyanyikan lagu When God Made You. Lagu itu tentu saja saya persembahkan buat istri saya yang merelakan hidupnya untuk berjalan bersama saya, hiks...

4. Saya memiliki voucher 400rb untuk membeli buku di Gramedia, rekomendasikan buku apa yang sebaiknya saya beli!

Buku terakhir yang saya baca judulnya Negosiator. Bagi saya cerita ini seru untuk disimak. Ada beberapa yang lain, namun saya lupa judulnya. Karena saya menulis ini di kantor dan buku-buku itu ada di rak rumah, maka khusus point ini akan saya perbaiki lagi nanti.

5. Selain capres dan cawapres saat ini, siapakah tokoh lain yang anda idolakan untuk menjadi capres dan cawapres? Berikan alasannya!

Mungkin Anies Baswedan atau Dahlan Iskhan. Kedua tokoh ini memiliki pemikiran yang visioner. 

6. Alat musik apa yang sangat ingin anda pelajari sampai mahir?

Biola. Kami punya alat musik ini namun tidak ada satupun dari kami yang mahir memainkannya. 

7. Iklan komersial apa yang  paling anda sukai?

Banyak. Namun iklan-iklan itu tidak ada di saluran nasional. Saya banyak menikmatinya di youtube. Saya terkesan dengan kreativitas iklan-iklan tersebut. 

8. Hal apa yang membuat anda bahagia dalam setahun terakhir?

Anak lelaki kami, Joseph Terrence. He is my best buddy meskipun saya kerap dimuntahinya.

9. Seberapa penting media sosial dalam hidup anda?

Cukup penting. Banyak hal yang bisa kita dapat dari media sosial. Pengetahuan akan trend yang tengah terjadi salah satu contohnya. Media sosial juga bisa jadi sarana untuk beramah-tamah dengan kenalan, mencari kenalan baru, menunangkan ide-ide, dsb dsb.

10. Tokoh kartun apa yang paling menggambarkan diri anda?

Hmm.. tokoh kartun? blank... skip

11. Point ke 11 tentang dirimu. Kita sama, :)


Sebelas pertanyaan untuk kamu... ya kamu!


1. Gambarkan hidupmu dalam satu kata saja!


2. Waktu SD, saya pernah kencing di celana. Itu pengalaman paling memalukan dalam hidup saya. Lantas apa pengalaman paling memalukan dalam hidupmu?


3. hal indah apa sejauh ini yang telah kamu alami dalam hidupmu?


4. Apa pendapatmu tentang tren selfie?


5. Jika waktu hidupmu hanya tinggal 24 jam saja. Untungnya, kamu bisa melakukan apa saja dalam 24 jam itu. Apa yang akan kamu lakukan?


6. Pilih mana, jeans atau celana bahan (silly question)


7. Hal positif apa yang ingin kamu sumbangkan bagi tempat asalmu?


8. Masih terkait no. 7. lantas bagaimana caramu mencapai hal itu?


9. Apa pendapatmu ttg stand up comedy yg kian sedang marak di Indonesia?


10. Menurutmu, apakah ada hewan yang percaya Tuhan atau pada makhluk gaib lainnya?


11. Menurutmu, apakah para anggota dewan yang telah tepilih pada peroide ini akan benar-benar jadi corong aspirasi rakyat?


Komentar

  1. saya jawab disini saja em :D
    1. stoned .................................>
    2. batuk di kelas...disertai ingus yang menyembur ke baju guru
    3. menemukan tanaman sejenis canabis di ruteng
    4. menyenangkan...tapi kadang agak gondok juga kalo saya yg mencoba
    selfie,..secara wajah saya agak gembak
    5. 12 jam bersama keluarga...sisanya saya memilih menanam bunga
    6. jeans
    7. dokumentasi foto sebanyak mungkin,..dan menjaga kebersihan
    8. menyempatkan mengambil foto dan video tentang ruteng sebanyak mungkin,.. dan
    mengajak teman2 lain untuk menjaga kebersihan lingkungan
    9. kreatif...
    10. ada,... beberapa jenis hewan memiliki kunci kegaiban
    11. kalo 10 tahun lalu...iya...sekarang mungkin hanya 5%

    by . Kaka Ited

    BalasHapus
  2. hahahahaha, terimakasih seribu untuk atensinya om Kaka :D. soal kejadian memalukan dalam hidup, sebenarnya tidak hanya kencing di celana waktu SD saja. Dulu waktu SMA tiba-tiba saja resleting celana saya lepas. Buruknya, resleting itu satu2nya yang menjaga celana itu pada tempatnya, karena kancing pengait celana itu sudah lama hilang (saya tidak berniat juga untuk memasang kancing baru). Bisa ditebak, celana itu terus-terusan saya pegang angar tidak sampai jatuh. Untungnya, guru langsung suru saya pulang untuk ganti celana. Bisa ditebak kemudian, saya tidak balik ke sekolah lagi, hahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koes Hendratmo pake Jas Songke....

The Godfathers