25 Fakta Menarik Dari Leonardo da Vinci Semasa Hidup


Leonardo da Vinci terlahir di kota kecil bernama Vinci, Firenze, Italia pada tahun 1452 dan meninggal dunia di Prancis pada tahun 1519. Leonardo dikenal sebagai seniman yang kemudian mengaplikasikan karya seninya ke dalam temuan-temuan bidang ilmiah, dan konsep-konsep temuannya-lah yang dipakai dalam pembangunan teknologi modern setelahnya. 

Kejeniusannya melingkupi banyak bidang di antaranya bidang seni, musik, kedokteran, arsitek, pahatan, tulisan, anatomi, astronomi, teknik sipil, hingga kuliner. Kejeniusan atas karya dan pemikirannya membawa kemajuan pada peradaban manusia lintas bidang pengetahuan. Ia seorang pemikir keras dan bersenang-senang dengan apa yang ia pelajari tanpa sedikitpun tanda kesusahan. Leonardo dihormati dimana-mana dan terkenal jenius bagi seniman-seniman seangkatannya. Ia bisa menyejajarkan seni dan ilmu pengetahuan dan temuannya dipakai hingga kini. Mari kita mengenal fakta kehidupannya lebih dalam lagi.

Ada banyak sekali fakta menarik kehidupan sang jenius Leonardo da Vinci yang sering atau pun jarang kita ketahui, di antaranya:
1. Nama lengkapnya Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero asal kota "Vinci".

2. Lukisan Pertamanya adalah wajah ibundanya sendiri, yaitu Caterina yang ia gambar di atas media pasir ketika ia masih balita.

3. Pada usia belia, Leonardo sudah belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze. Verrochio menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan bahwa lukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri, ketika Leonardo ikut berperan dalam melukis Baptism of Christ karya Verrocchio pada tahun 1476. Dalam lukisan itu, masing-masing mereka melukis satu malaikat dan lukisan Leonardo jauh lebih indah daripada Verrocchio.

4. Leonardo membantu Raphael dan Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus.

5. Ia pernah menulis catatan rencana akan karya-karyanya yang hendak diciptakan sebanyak 7.000 halaman.

6. Pemikirannya tentang burung kemudian membawanya pada konsep mesin terbang.

7. Ia mengembangkan pengetahuan anatomi dengan memberanikan diri membedah tubuh orang mati yang pada saat itu menjadi larangan pemerintah dan temuannya kemudian membawa manusia di zamannya menjadi lebih maju dalam pengetahuan anatomi, khususnya di bidang kedokteran.

8. Leonardo hidup di zaman Renaissance (zaman pencerahan) di Eropa dan dikenal sebagai “Master of Renaissance”.

9. Leonardo Da Vinci menulis dari kanan ke kiri. Jadi bila ingin membaca tulisannya harus memakai cermin.

10. Dua karya monumentalnya adalah Jamuan Terakhir (The Last Supper) pada tahun 1495 sampai tahun 1497 yang dilukis pada dinding biara Santa Maria di Milan, kini telah rusak akibat dimakan waktu. Lukisan terkenal lainnya adalah Mona Lisa dikerjakan pada tahun 1503 sampai dengan tahun1506 yang kini terdapat di musium Louvre Paris.

11. Dia memiliki kemampuan untuk menulis satu kalimat dengan tangan kanannya dan kalimat yang berbeda dengan tangan kirinya

12. Dia menemukan gunting.

13. Dia membuat rancangan arsitek, tetapi belum pernah buat bangunan.

14. Dia kehilangan sebagian besar lukisan dan gambar yang dibuatnya di Milan.

15. Dia mengasosiasikan dirinya sebagai pelopor reformasi. ia melukiskan ide-ide reformisnya melalui lukisan. Dengan caranya yang kreatif, ia menemukan bukti eksistensi dan kemahakuasaan Tuhan dalam cahaya alam, warna, tumbuh-tumbuhan, dan tubuh manusia

16. Dia menemukan konsep teknologi-teknologi modern sekaligus desainnya tetapi tidak dapat diciptakan satu pun di zamannya. Rancangannya antara lain: sepatu air, pelampung, kincir air, gambar-gambar rantai, mesin pintal, mesin giling gandum, mesin cetak, kapal selam, senapan mesin, bom, parasut, tank, mobil, helikopter, dan pesawat terbang.

17. Saat mempelajari anatomi, ia suka pergi malam-malam, membongkar kuburan, dan mengambil mayat orang tidak dikenal yang sudah hampir busuk dan membedahnya. Sepanjang hidupnya tidak kurang 30 mayat yang ia bedah dan pelajari.

18. Leonardo da Vinci adalah pembelajar yang gila yang mempelajari semua hal tanpa batas dan bersenang-senang dengan semua itu.

19. Ia pernah membuat desain robot yang dikenal dengan nama “Robot Leonardo”. Rancangan itu dianggap sebagai desain robot pertama sepanjang sejarah.

20. Leonardo dikenal sebagai sosok yang perfeksionis. Terbukti dari hasil karyanya yang sering diperbaiki jika menurutnya kurang pas.

21. Leonardo juga ahli di bidang tata kota dan bahkan memajukan pembangunan suatu kota lengkap dengan pelebaran jalan dan sungai menggunakan kanal.

22. Leonardo pernah membuat alat musiknya sendiri dan piawai memainkannya.

23. Leonardo disebut-sebut sebagai seorang homoseksual. Pada tahun 1476, ia dituduh telah melakukan tindakan tersebut dengan salah seorang model laki-lakinya, yaitu Jacopo Saltarelli. Saat itu, Leonardo merupakan salah seorang dari lima tertuduh. Akan tetapi, Leonardo terlepas dari tuduhan tersebut karena bukti-bukti yang ada tidak cukup kuat untuk membuktikannya bersalah.

24. Leonardo diyakini pernah memegang peranan sebagai orang terkuat di sebuah organisasi rahasia bernama Priory of Sion yang berlaskarkan Knights Templar.

25. Yang paling mencengangkan dari Leonardo da Vinci adalah, dia dikabarkan memiliki IQ diatas 220.
(Sumber: kaskus.co.id)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Godfathers

Koes Hendratmo pake Jas Songke....